« »
« »
« »
.

Selasa, 19 Juni 2012

Makalah Kimia Industri "Pembuatan Kaustik Soda (NaOH)"





BAB I
PENDAHULUAN


1.1.  Latar Belakang
Natrium banyak ditemukan di bintang-bintang. Garis D pada spektrum matahari sangat jelas. Natrium juga merupakan elemen terbanyak keempat di bumi, terkandung sebanyak 2.6% di kerak bumi. Unsur ini merupakan unsur terbanyak dalam grup logam alkali. Jaman sekarang ini, sodium dibuat secara komersil melalui elektrolisis fusi basah natrium klorida. Metoda ini lebih murah ketimbang mengelektrolisis natrium hidroksida, seperti yang pernah digunakan beberapa tahun lalu.

Natrium, seperti unsur radioaktif lainnya, tidak pernah ditemukan tersendiri di alam. Natrium adalah logam keperak-perakan yang lembut dan mengapung di atas air. Tergantung pada jumlah oksida dan logam yang terkekspos pada air, natrium dapat terbakar secara spontanitas. Lazimnya unsur ini tidak terbakar pada suhu dibawah 115 derajat Celcius.
Logam natrium sangat penting dalam fabrikasi senyawa ester dan dalam persiapan senyawa-senyawa organik. Logam ini dapat di gunakan untuk memperbaiki struktur beberapa campuran logam, dan untuk memurnikan logam cair. Campuran logam natrium dan kalium, NaK, juga merupakan agen heat transfer (transfuse panas) yang penting.
Senyawa yang paling banyak ditemukan adalah natrium klorida (garam dapur), tapi juga terkandung di dalam mineral-mineral lainnya seperti soda niter, amphibole, zeolite, dsb. Senyawa natrium juga penting untuk industri-industri kertas, kaca, sabun, tekstil, minyak, kimia dan logam. Sabun biasanya merupakan garam natrium yang mengandung asam lemak tertentu. Pentingnya garam sebagai nutrisi bagi binatang telah diketahui sejak zaman purbakala.
Di antara banyak senyawa-senyawa natrium yang memiliki kepentingan industrial adalah garam dapur (NaCl), soda abu (Na2CO3), baking soda (NaHCO3), caustic soda (NaOH), Chile salpeter (NaNO3), di- dan tri-natrium fosfat, natrium tiosulfat (hypo, Na2S2O3 . 5H20) and borax (Na2B4O7 . 10H2O).
Dalam makalah ini, akan dibahas secara spesifik tentang senyawa NaOH atau kaustik soda, yaitu meliputi pengertian, sifat, sintesis kegunaan dan lain-lain.

1.2.  Rumusan Masalah
1)   Apakah yang dimaksud dengan Kaustik Soda?
2)   Bagaimana sifat fisik dan kimia dari NaOH atau kaustik soda?
3)   Bagaimana cara pembuatan NaOH atau kaustik soda?
4)   Apa saja kegunaan dari NaOH/kaustik soda?

1.3.  Tujuan
1)   Dapat mengetahui apa kaustik soda itu.
2)   Mengetahui sifat fisik dari NaOH/kaustik soda.
3)   Mengetahui cara pembuatan Kaustik soda/NaOH.
4)   Mengetahui kegunaan dari kaustik soda/NaOH.






 Download Makalah Lengkap..,,Klik Link Di bawah Ini.,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar